Artikel

Pawai Obor, Hiasi Kemeriahan Malam Tahun Baru Hijriyah di Desa Loa

01 September 2019 06:03:42  Administrator  158 Kali Dibaca  Berita Desa

Ada pemandangan yang cukup menarik, dimalam pergantian tahun dalam kalender Islam atau malam tahun baru 1441 H . Ratusan  masyarakat, berbagai kalangan baik  orang tua maupun, anak-anak yang berasal dari berbagai Diniyah yang ada diwilayah Desa Loa tumpah ruah ke jalan mengadakan Pawai Obor menyusuri Jalan Protokol Desa Loa.

Kegiatan yang menjadi rutinitas dalam rangka menyambut tahun baru Islam ini merupakan suatu upaya untuk menanamkan semangat dan nilai nilai keislaman bagi generasi muda sehingga mereka lebih mencintai agamanya dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Adapun makna yang dapat kita ambil pada tahun baru hijriyyah 1 muharam ini adalah menegaskan kembali pentingnya menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan yang bersumber dari Al-Quran. Pemaknaan awal ialah peristiwa hijrah Rasulullah dan para sahabatnya dari Mekah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang monumental dan memiliki makna yang sangat berarti bagi setiap Muslim. Pasalnya, hijrah merupakan tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana dan situasi yang tidak kondusif di Mekkah. Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan dari hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi. Rasulullah SAW dan para sahabatnya telah melawan rasa sedih dan takut dengan berhijrah, meski harus meninggalkan tanah kelahiran, sanak saudara, dan harta benda mereka. Terakhir ialah hijrah mengandung semangat persaudaraan, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW saat beliau mempersaudarakan kaum Muhajirin dan kaum Anshar

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

PILKADES

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Pejuang No. 18 Loa Paseh Bandung
Desa : Loa
Kecamatan : Paseh
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40383
Telepon : 0225954055
Email : info@loa.desa.id

Sinergi Program

kemendesa Prov. Jawa Barat Kabupaten Bandung
Diskominfo Kab. Bandung bpjsketenagakerjaan bpjs-kesehatan

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:295
    Kemarin:358
    Total Pengunjung:121.899
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan

LOA TV


jadwal-sholat